Pages

Tes Irit Tiger Revo Standar Top Sped 140 Km/Jam

Met sore kakak brother! Ane mau numpang share tentang pengalaman pake Honda Tiger Revo 2010 punya sendiri. Awalnya sih pengen buat Club Tiger sendiri diberi nama Tiger Race Cooker karena kita-kita sering-sering kongkow-kongkow bareng-bareng cowok-cewek di warung kopi angkringan Sego Macan di Jogja dekat kampus UGM. Tapi batal karena yang bawa Tiger cuman 2 orang, kan lucu kalau touring cuman berdua, ntar di kira pacaran, homoan lagi! Hwhwhw.

Ceritanya pengen si Timi tampil lebih irit karena sering dinas ke luar kota kaya bus AKAP antar kota antar provinsi. Walaupun ane tak punya data valid konsumsi BBM, tapi ane merasa kok boros ya kalau di pake ke luar kota. Paling irit kurang lebih 42 km/liter. Gak cucok sama kantong ane yang berprofesi sebagai pengacara alias pengangguran banyak teraniaya. Di dalam kota ane biasa pake bensin premium, ke luar kota pake pertamax plus (ron 95); gak pernah pake pertamax ron 92, nanggung!

Mesin masih standar, walaupun gas mentok di speed 120 km/h tapi Ninja yang lagi parkir dan orang yang jalan kaki di trotoar tetep ane salip brother! Wuusshrrr..bukan suara angin tapi suara gear-nya brother, hwhwhw. Tapi sebagai penganut paham bengkel orang Indonesia lambang palu dan obeng, ane tetep pengen konsumsi BBM lebih irit lagi, bisa nggak eyyaa?!

foto ronsen motor honda tiger revo 2010
Hasil foto ronsen Tiger ane dari dokter mesin bubut brother!
Sekedar iseng, ane beli CDI unlimiter aftermarket BRT Powermax Hyperband AC, belinya bukan di matahari ya brother, panas! Katanya si empunya BRT bisa meningkatkan perfoma mesin sekaligus meng-hemat BBM. Sekalian aja ane pasang busi iridium power produknya Denso dan 9 power produknya siapa ane lupa maksudnya buat ngimbangi CDI yang sudah unlimiter.

Ketika di tes uji coba ke luar kota kurang lebih 320 km, ane gak merasakan perfoma yang meningkat tuh! Atau berhubung ane gak tahu mesin yup? Tahunya cuman jajan pas bel istirahat sekolah, tapi itu dulu, sekarang masih tetep kok, tenang aja brother, gak usah nagis, rilex, hwhwhw. Tapi tarikan gigi 2 nendang kok, lebih cepat larinya dari standard!

Dari touring alone itu, ane mampir ke tempat teman di Temanggung buat makan dan tidur 2 malam lamanya. Dan kebetulan dia pinjam moto Timi ane buat cari tembakau katanya ke perbatasan Wonosobo. Agen tembakau mungkin sambilannya tapi yang ane tahu dia spesialis drag bike yang sering ikut balapan liar sampai dengan kejurda, kejuaraan daerah tingkat provinsi.

Pulang-pulang dari wonosobo dia bilang tumben motor Tiger bisa irit, yang di libas jalanan aspal halus mulus maknyus naik turun gunung Temanggung-Wonosobo. Jarum indikator bensin di spidometer tetap tak bergeming alias gak berkurang BBM-nya. Dia heran, apalagi ane ya! Apa indikatornya ngaco? Ane cek gak tuh, normal semuanya. Puas rasanya karena Timi ane secara gak sengaja udah di tes sama ahlinya. Tapi sayangnya dia gak hitung per 1 liternya berapa kilohektar, soalnya di otaknya hanya ada slogan naikkan harga tembakau brother!

Bosan dengan penampilan Timi, ane ganti ban standar dengan ban gambot omot-omot. Yah, malah susah beloknya tuh mintanya lurus terus kaya celeng si babi hutan, apalagi bodi ane kecil jadi gak kuat pegang stang setirnya. Apalagi kalau masuk gang yang penuh sopan santun "ngebut benjut!", phiuuh.. ampun deh terasa berat! Mending ane digebukin anak kecil umur 2 tahun deh!

foto honda tiger revo 2010
Foto Tiger ane tampak malu-malu masuk koran kriminal brother!
Ya sudah akhirnya ane ganti ban yang paling kecil dan tipis untuk velk ring 18. Ban depan pake ukuran 90/70 merk sandal jepit Swallow sedang ban belakang pake 100/70 merk FDR, belinya di Pugeran Variasi Motor Jogja, kalau gak percaya ane masih punya fotocopy bonnya kok brother! Mungkin karena bobot Timi yang berat, pemakaian ban kecil dan tipis bikin ane seperti mau jatuh-jatuh aja seperti gak seimbang begitu. Tapi ya sudahlah, udah terlanjur dibeli sih.

Horeee... jadwal servis telah tiba. Kalau servis biasa di Ahass tapi kalau ganti oli biasanya ane diluar pake Shell Advance VSX 4T oil 10W-40 sintetis API SL JASO MA. Berhubung waktu itu udah lelah gak punya duit, ane bilang ke tukang servisnya untuk ganti oli mesin sekalian di Ahaas itu.

Keesokan harinya ane tes ride di jalan bebas jembatan tepatnya di ringroad utara Jogja. Ane sempat gak percaya, biasanya top speed mentok di 120 km/jam tapi ini bisa 130 km/jam. Enteng banget meraih 130 km/jam tapi sedikit getar. Atau karena pake oli AHM Oil SPX-1 SAE 10W-30 API SJ JASO MA fully synthetic oil atau karena pake ban kecil ya? Oli encer bikin suara mesin terdengar keras tapi ketutup sama suara knalpot racing Yoshimura ane brother.

Nah ini lagi, waktu mau ganti gear set Honda Tiger ternyata yang asli / original-nya harga-nya sampai 850 ribu rupiah. Set dah mending beli HP BlueBerry bekas Madonna yah. Akhirnya ane iseng coba beli gir set Megapro Rp 250 ribu tapi nambah panjang rantainya. Setelah dicoba, penyakit rantai berisik hilang dan motor jadi lebih enteng lagi, tarikan agak lebih panjang. Tarikan di awal gigi satu emang agak berat tapi pas masuk gigi 5 ke 6 top speed tambah lagi jadi 138 km/jam, yaa sama teman sendiri jadi 140 km/hour lah ya hwhwhw, kabuuur!

Itulah sedikit perubahan di Tiger timi ane selama hampir 5 tahun ini brother. Hanya modifikasi kecil di pengapian, gear set, ban, oli, dan knalpot, mesin tetap standar. Beda sama motor Tiger ane yang dulu keluaran 2002 yang tangkinya baru jebol 8 tahun kemudian. Kalau timi 2002 sampai korek mesin segala jadi borosnya Audzubillahiminassyaiton brother!

Oiya, ane denger-denger Tiger sudah stop di produksi nanti gantinya apa ya? Untuk saat ini ane respect sama Kawasaki Z250SL yang katanya; di klan Kawasaki sendiri powernya paling besar dikelas 250 cc, lebih ringan, dan paling murah. Katanya sih buat city riding berarti enak buat stop and go and gas pol rem pol di jalanan macet ya?! Satu lagi, apakah juga punya gejala shockbreaker gampang bocor atau penyakit oli shock rembes seperti kakaknya?

foto honda tiger revo 2010
Tampang kucing ane yang biasa mangkal di Sego Macan brother!
Tapi timi kecil ane gak akan dijual biar nanti jadi sejarah siapa tahu ntar harga jualnya malah melampui harga belinya yang sekarang. Contohnya seperti CB 100 tahun 1971 ane, warna biru yang tutup tangki bensinnya di sebelah pojok kanan and knalpotnya masih asli kinyis-kinyis! Dulu moyang ane beli baru beberapa ratus ribu rupiah begitu, ane jual kemaran 2,4 juta, kan enak di ane gak enak di moyang ane brother! Hwhwhw.

OKE, sekian dan terima kasih atas tumpangannya menulis di blog ini brother! Salam timi time and shaun the sheep!

Sumber: pengalaman pribadi.
Read More

Harga, Spesifikasi, Modifikasi All New Nissan Grand Livina

all new nissan grand livina hws

Membeli sebuah mobil bagi keluarga kecil tentunya juga harus mempertimbangkan kekuatan keuangan keluarga dan seberapa besar kebutuhan keluarga akan sebuah mobil. Perlu kiranya untuk melakukan perbandingan spesifikasi dengan harga yang sama antara mobil yang satu dengan yang lain agar tak salah memilih, misalnya sharing dengan user di Kaskus. Bagi yang menginginkannya, All New Nissan Grand Livina bisa menjadi pilihan karena termasuk mobil idaman keluarga di Indonesia.


Dengan segala fitur kemewahan, kelebihan, kekurangan, dan perbandingan harga, berikut ini adalah spesifikasi All New Nissan Grand Livina dan All New Nissan Grand Livina X Gear berdasarkan tampilan eksterior, interior, mesin, dan fitur keamanan/standar keselamatan Nissan Grand Livina model terbaru.


Detail dalam angka:

spesifikasi dimensi all new nissan grand livina
Spesifikasi Dimensi All New Nissan Grand Livina

spesifikasi mesin all new nissan grand livina
Spesifikasi Mesin All New Nissan Grand Livina

spesifikasi eksterior all new nissan grand livina
Spesifikasi Eksterior All New Nissan Grand Livina

Spesifikasi Interior All New Nissan Grand Livina
Spesifikasi Interior All New Nissan Grand Livina

Daftar harga mobil terbaru All New Grand Livina 2014 yang dirilis oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) on the road Jakarta (diluar pajak progresif).

  • All-New Grand Livina 1.5 SV M/T (manual) Rp 183.950.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 SV CVT (automatic) Rp 195.100.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 XV M/T Rp 203.950.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 XV CVT Rp 215.200.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 HWS CVT Rp 228.200.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 HWS Autech CVT Rp 242.400.000.
  • All New Livina X-Gear  1.5 MT Manual Rp 199.950.000.
  • All New Livina X-Gear  1.5 CVT Automatic Rp 211.050.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 X-Gear M/T Rp 216.100.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 X-Gear A/T (automatic) Rp 230.000.000.
  • All New Grand Livina 1.8 L X-Gear M/T Rp 263,200,000.
  • All New Grand Livina 1.8 L X-Gear A/T Rp 274,700,000.

Informasi promo harga kredit cicilan diskon cashback silahkan menghubungi dealer resmi Nissan dikota Anda. Harga mobil di luar Jakarta bisa selisih 6-7 juta yup! Harga mobil bekas Nissan Livina sekarang di bawah Rp. 150.000.000 tergantung tahun keluaran/pembuatan.


Detail dalam gambar:

All New Nissan Grand Livina
All New Nissan Grand Livina

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
3 Baris atau 7 Seater

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
Fitur Keselamatan 2 Airbag

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
LCD TV DVD Monitor

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
Sensor Parkir

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
Kamera Video Parkir

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
Fitur ABS

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
Fitur EBD

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
Fitur Bluetooth

All New Nissan Grand Livina X Gear
All New Nissan Grand Livina X Gear

All New Nissan Grand Livina X Gear
All New Nissan Grand Livina X Gear

All New Nissan Grand Livina X Gear
Bagasi All New Nissan Grand Livina X Gear
Khusus untuk Nissan New Livina X-Gear, perbedaan Livina X-Gear dan Grand Livina X-Gear terutama pada panjang dimensi mobil serta jumlah baris tempat duduknya. Mobil Grand Livina X-Gear memiliki 3 baris atau 7 seater, sedangkan Livina X-Gear memiliki 2 baris atau 5 seater.

Kesimpulan kami:

Terlepas dari review perfoma / kekuatan mesin melibas tanjakan dan masalah AC Calsonic-nya, para user, rekan-rekan, dan family kami menyatakan  bahwa sangat nyaman mengendarai Nissan Livina terutama di jalan yang rusak dan berlobang, anak-anak tetap tidur pulas. Sementara, kawan yang doyan ngebut di tol, mengaku kurang puas dengan kaki-kaki karena terlalu empuk sehingga suka limbung dan handling kurang mantap. Terlebih lagi jika pemakaian lebih dari 1 tahun dan suka mengangkut penumpang over load dari 5 orang ditambah tambahan audio yang super berat, bodi belakang cenderung turun dan bagian depan dongak.


Mengatasi hal ini modikasi kecil dapat dilakukan dengan mengganti shockbreaker belakang dengan merk shock absorber semi/gas aftermarket contoh-nya Kayaba Excel-G atau Hotbits dengan tetap pakai per standar/original. Untuk kaki depan cukup ganti per dan pake per/pegas aftermarket seperti Eibach atau Tanabe NF210 tanpa mengganti shock asli/OEM-nya yup! Pengalaman pake produk aftermarket tersebut, kenyamanan dan keselamatan keluarga tetap terjamin.    


Sumber: Nissan Indonesia, Kaskus.
Read More

Cara Paling Mudah Agar Cepat Hamil

wanita hamil stres
Bagi wanita yang memiliki masalah tentang letak atau posisi rahim bisa Anda konsultasi ke dokter spesialis kandungan adalah cara yang paling tepat. Selain itu, ketidaksuburan atau infertilitas bukan hanya menjadi masalah wanita. Pria yang merokok, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, meminum alkohol dan stres berat bisa menyebabkan seorang istri sulit/susah hamil. Selain doa, jika ingin biar cepat hamil, ini tips-nya. Dengan cara makan makanan dibawah ini bisa membantu (Idiva):
  1. Kuaci yang berasal dari biji semangka kering ternyata menyimpan kandungan zinc yang tinggi. Zinc berperan dalam memengaruhi hormon testosteron dan sperma di tubuh laki-laki. Selain kuaci dari biji semangka, kuaci dari biji labu juga disarankan.
  2. Ginseng bisa meningkatkan kinerja seksual pada pria. Selain itu, ginseng juga dapat memelihara keseimbangan dan meningkatkan imunitas.
  3. Suplemen yang mengandung Gingko biloba juga bisa membantu meningkatkan hasrat seksual pada pria dan wanita.
  4. Selain mengenyangkan, oat juga memengaruhi daya seksual bagi pria.
  5. Minum air putih yang cukup. Air membantu dalam menciptakan folikel yang membantu melancarkan suplai darah yang kuat pada lapisan rahim.
Sementara, beberapa penyakit bisa menjadi penyebab tidak cepat hamil, hamil anggur, bahkan mudah keguguran, contohnya TORCH. Jadi, walaupun sudah menikah tidak ada salahnya jika Anda menjalani tes persiapan kehamilan TORCH, yup!
Read More

Supermarket Reksadana Online Terbaik

supermarket reksadana online ipotfund
Pertama kali, cara membeli reksadana saya adalah dengan datang langsung ke alamat kantor MI (manajer investasi) dan ke tempat agen penjual di bank terdekat. Tapi sekarang, membeli reksadana yang ingin saya beli semakin mudah. Yup, karena ada supermarket reksadana online. Anda bisa memakai aplikasi RD online tersebut dengan cara registrasi terlebih dahulu secara gratis.

Supermarket reksadana online yang sudah banyak dikenal:
  1. danareksa online.
  2. iTram Trimegah Asset Management.
  3. IPOTFUND Indopremier Investment.
  4. poems Phillip Securities Indonesia.
Dengan mempunyai account reksadana online sebaiknya jangan langsung transaksi/membeli. Anda dapat mempelajari cara menggunakan terlebih dahulu. Karena tersedia reksadana tanpa/bebas biaya transaksi pembelian (subscription), penjualan (redemption), dan pengalihan serta ada yang tidak. Dengan demikian Anda dapat melakukan perbandingan aplikasi reksadana online yang paling cocok dan mudah digunakan; sampai dengan produk reksadana yang paling lengkap, murah, dan terbaik menurut Anda.
Read More

10 Reksadana Return Tertinggi 3 Tahun Terakhir

logo reksadana
Selama 3 tahun terakhir banyak terjadi krisis yang mempengaruhi kinerja saham di Bursa Efek Indonesia. Hal ini dapat berimbas pada kinerja reksadana. Data return reksadana tertinggi 3 tahun terakhir ini dihimpun dari berita online reksadana seperti kontan, kompas, infovesta, bloomberg, dll dimana produk RD mendapat imbal hasil terbaik-nya, diatas pertumbuhan return IHSG. Ulasan ini ingin kami jadikan pertimbangan memilih reksadana terbaik tahun 2015.

Jika capaian return IHSG  30,02 % dalam tempo 3 tahun, maka return reksadana ini sudah mencapai 45,68 % - 89,73 %. Berikut ini adalah produk reksadana saham yang mampu mengungguli pertumbuhan IHSG selama 3 tahun terakhir:
  1. Millenium Danatama Equity.
  2. Pratama Equity.
  3. Pratama Saham.
  4. RHB OSK Alpha Sector Rotation.
  5. Pratama Ekuitas.
  6. MNC Dana Ekuitas.
  7. Batavia Dana Saham Optimal.
  8. Cipta Syariah Equity.
  9. BNP Paribas Pesona Syariah.
  10. Lautandhana Equity Progesif.
Walaupun reksadana diatas bersifat investasi jangka panjang / long term 3, 5, atau 7 tahun, namun daftar tersebut kami referensikan bagi yang ingin investasi RDS jatuh tempo 3 tahun. Artikel investasi tentang return reksadana terbesar ini sebagai pembanding untuk memilih produk reksadana saham yang tepat terutama bagi keluarga dan saya pribadi. Seperti kita ketahui bahwa pergerakan NAB reksadana saham akan terus berubah (fluktuatif) sepanjang tahun, alangkah baiknya jika Anda juga dapat mencari info di pusat informasi reksadana online sehingga Anda dapat melakukan riset kecil tentang reksadana yang diinginkan untuk kepentingan keluarga agar diperoleh data yang up-to-date, yup!

Link: 10 Reksadana Return Tertinggi 5 Tahun Terakhir.
Read More

Tarif Pajak atas Penghasilan Pribadi, Bunga Deposito, Tabungan, Persewaan Tanah dan Bangunan, Hadiah Undian

tarif pajak penghasilan pph logo
Tarif pajak yang umum dikenal dan perlu diketahui adalah tarif pajak penghasilan pribadi, tarif pajak bunga deposito dan tabungan, tarif pajak persewaan tanah atau bangunan, tarif pajak atas hadiah undian. Mengutip pajak.go.id pengertian dan penjelasannya adalah sebagai berikut:

Tarif Pajak Penghasilan Pribadi.

Pajak mempunyai peranan penting dalam kehidupan bernegara, tidak hanya berfungsi sebagai sumber pendapatan negara namun juga memiliki fungsi distribusi pendapatan. Untuk mewujudkan fungsi distribusi pendapatan, tarif pajak penghasilan pribadi di Indonesia mengenakan tarif pajak progresif dimana masyarakat yang berpenghasilan tinggi akan dikenakan tarif pajak yang lebih tinggi. Tarif pajak penghasilan orang pribadi yang berlaku saat ini di Indonesia adalah sebagai berikut:
- Penghasilan sampai dengan Rp50 juta, 5%.
- Di atas Rp50 juta s.d. Rp250 juta, 15%.
- Diatas Rp250 juta s.d. Rp500 juta, 25%.
- Diatas Rp500 juta, 30%.
Sementara, wajib pajak badan dalam negeri dan bentuk usaha tetap adalah sebesar 28%. Tata cara penghitungan PPh Pasal 21 tersebut diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-31/PJ/2012 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pemotongan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 21 dan/atau Pajak Penghasilan Pasal 26 Sehubungan dengan Pekerjaan, Jasa, dan Kegiatan Orang Pribadi. Salah satu dasar cara menghitung adalah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) . Contoh-nya Wajib Pajak yang berstatus tidak kawin dan tidak mempunyai tanggungan jumlah PTKP-nya sebesar Rp 24.300.000,00 atau setara dengan Rp 2.025.000,00 per bulan.  Dalam hal wajib pajak belum memiliki NPWP, maka jumlah PPh Pasal 21 yang harus dipotong adalah 120% kali lipat dari PPh terutang.

Tarif Pajak  Bunga Deposito dan Tabungan.

Mempedomani PP No. 131 Tahun 2000, berdasarkan PPh Pasal 4 ayat (2) bunga deposito dan tabungan serta diskonto SBI dikenakan tarif 20% untuk wajib pajak dalam negeri (WPDN) dan badan usaha tetap (BUT). Dasar perhitungan adalah jumlah bruto bunga dan ber-sifat final. Bunga deposito dan tabungan serta diskonto SBI tidak kena pajak sepanjang jumlah deposito dan tabungan serta SBI tersebut tidak melebihi Rp 7.500.000,00 dan bukan merupakan jumlah yang dipecah-pecah.

Tarif Pajak Persewaan Tanah atau Bangunan.

Ber-dasar hukum PP No. 29 Tahun 1996 jo. PP No. 5 Tahun 2002. Tarif pajak persewaan tanah atau bangunan adalah 10%. Dasar perhitungan-nya jumlah bruto dari harga sewa.

Tarif Pajak Atas Hadiah Undian.

Ber-dasar hukum PP No. 132 Tahun 2000 dan KEP-395/PJ./2001. Tarif pajak atas hadiah undian adalah 25%. Dasar perhitungan-nya jumlah bruto hadiah undian.

Sumber: www.pajak.go.id.
Read More

Perlukah Tes Persiapan Kehamilan TORCH

foto perkembangan janin

Perlukah pemeriksaan penyakit menular seperti TORCH (Toxoplasmosis, Rubella, CMV, dan Herpes Simplex Virus) sebelum hamil bahkan sebelum menikah di lab?

Penting diketahui, berikut ini adalah beberapa contoh penyakit menular yang bisa berakibat serius pada janin yang dikandung seperti Toxoplasmosis, Rubella, Hepatitis B Virus (HBV), Herpes Simplex Virus type 2 (HSV 2):

Toxoplasmosis.

Toxoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman parasit bersel satu (protozoa) bernama Toxoplasma gondii. Sekitar 80-90% infeksi Toxoplasma tidak bergejala (asymptomatic). Gejala infeksinya-pun bisa mirip flu yaitu demam dan sakit tenggorokan. Wanita yang menantikan kehamilan ditekankan agar mewaspadai Toxoplasmosis karena penularan ke fetus bisa menyebabkan keguguran atau cacat lahir seperti kebutaan.
Penelitian menunjukkan bahwa Toxoplasma sering ditemukan pada hewan peliharaan terutama kucing. Penularan terjadi ketika manusia menyentuh kotoran atau tanah bekas kotoran hewan peliharaan. Resiko infeksi juga meningkat ketika mengonsumsi daging mentah atau kurang masak. Infeksi dapat dicegah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan, mengenakan sarung tangan saat membersihkan kotoran hewan, mencuci tangan setelah menyentuh tanah, dan menghindari konsumsi daging yang kurang masak. Wanita hamil seharusnya menjauhi kotoran hewan peliharaan. Toxoplasma yang terdeteksi sebelum kehamilan bisa segera diobati sehingga mencegah penularan ke fetus.

Rubella.

Rubella atau campak Jerman (German measles) adalah infeksi virus yang umumnya menyerang anak-anak. Infeksi Rubella biasanya tidak berbahaya dan virus akan hilang dengan sendirinya. Penderita bahkan belum tentu mengalami gejala apapun. Kekebalan terhadap Rubella akan didapat setelah sembuh dari infeksi. Gejala Rubella mudah terlewatkan karena bisa mirip flu yaitu batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, pegal-pegal, dan demam. Gejala juga bisa disertai dengan munculnya bintik-bintik merah (rash) yang dimulai dari wajah dan menyebar ke seluruh tubuh. Namun bintik-bintik ini biasanya hilang dalam seminggu. Penanganan biasanya cukup dengan beristirahat dan minum obat anti demam.
Penularan Rubella adalah melalui udara (airborne) ketika penderita batuk. Walaupun tidak tergolong berbahaya, virus Rubella bisa berakibat fatal pada janin. Ibu yang terinfeksi Rubella bisa menularkan virus tersebut ke janin yang dikandungnya sehingga menyebabkan Congenital Rubella Syndrome (CRS) saat lahir.
Dampak CRS antara lain adalah kelainan jantung, gangguan pengelihatan atau pendengaran. CRS juga bisa menyebabkan kelahiran prematur. Maka pemeriksaan Rubella sangat dianjurkan pada wanita sebelum hamil. Berdasarkan hasil pemeriksaan, calon ibu kemungkinan akan dianjurkan oleh dokter agar menerima vaksinasi Rubella dan menunda kehamilan selama tiga bulan setelah vaksinasi untuk mencegah infeksi Rubella saat hamil nanti.

Hepatitis B Virus (HBV).

HBV menyerang liver dan bisa menyebabkan cirrhosis (pengerasan pada liver), kanker, gagal fungsi liver, dan kematian. Gejala infeksi HBV adalah perubahan warna kulit dan bola mata menjadi kuning (jaundice), sakit perut, nafsu makan hilang, mual, dan sakit sendi. Penularan bisa terjadi melalui hubungan sex bebas, konsumsi narkoba dengan jarum suntik yang tidak steril, cuci darah (hemodialysis), atau dari ibu ke janin yang dikandung. Ibu hamil yang tidak menyadari dirinya terinfeksi HBV bisa menularkan virus ini kepada janinya dengan 90% resiko penularan.
Infeksi HBV bisa dicegah dengan vaksinasi Hepatitis B, menghindari perilaku seks bebas, menghindari narkoba atau tato kulit, dan menghindari pinjam-meminjam peralatan pribadi yang kemungkinan pernah bersentuhan dengan darah seperti pisau cukur dan sikat gigi.
Infeksi HBV dideteksi dengan tes HBsAg pada darah. Ibu hamil dengan HBsAg positif harus menyediakan Hepatitis B Immuno Globulins (HBIG) dan vaksin untuk bayinya yang harus disuntikan dalam waktu 12 jam setelah dilahirkan.

Genital Herpes Simplex Virus (HSV type 2).

Infeksi HSV 2 adalah penyakit hubungan seksual (PHS) dengan masa inkubasi rata-rata 7 hari setelah hubungan sex. HSV 2 bisa ditularkan ketika bersentuhan dengan air liur, cairan di alat kelamin, atau luka pada kulit pengidap HSV.
Tanda-tanda infeksi HSV 2 berupa luka-luka pada kulit (lesions) di sekitar alat kelamin yang akan sembuh sendiri setelah sekitar tiga minggu dan bisa muncul lagi di lain waktu (recurrence). HSV 2 dapat ditularkan dari ibu ke bayi saat melahirkan dan mungkin pula mengakibatkan keguguran atau cacat mental. Resiko penularan ke bayi meningkat jika terdapat lesions di sekitar liang vagina. Hingga saat ini belum ada obat untuk menghilangkan HSV 2. Namun obat seperti Acyclovir biasanya diberikan untuk menekan pertumbuhan, mencegah recurrence, dan meminimalkan penyebaran virus.

Sumber: mitralab.com.
Read More