Pages

8 Makanan Minuman Mengandung Asam Paling Tinggi

Menu makanan yang bersifat asam memang paling enak di lidah daripada makanan yang mengandung basa bukan? Kandungan asamnya justru lebih banyak menjadi penyebab penyakit kronis bahkan akut. Di bawah ini adalah contoh kumpulan jenis makanan yang mengandung asam paling tinggi/kuat. Tidak ada treatment tertentu mengenai cara makan, konsumsilah dengan porsi yang wajar sesuai usia Anda demi kesehatan!

  1. Gula putih dan gula merah.
  2. Buah blueberry, cranberry, dan prem.
  3. Produk coklat olahan.
  4. Kacang tanah dan kenari.
  5. Gandum, tepung terigu, kue kering, dan pasta.
  6. Daging sapi, babi, dan kerang.
  7. Susu segar/mentah, produk olahan susu, ice cream, dan keju.
  8. Bir dan soft drink.
Read More

7 Makanan Minuman Mengandung Basa Paling Tinggi

Setelah membahas artikel tentang makanan yang bersifat asam basa serta pengaruh-nya terhadap kesehatan tubuh, di bawah ini adalah contoh kumpulan jenis makanan yang mengandung basa alkali paling tinggi/kuat. Tidak ada treatment tertentu mengenai cara makan, konsumsilah dengan porsi yang wajar sesuai usia Anda.

  1. Pemanis alami/gula stevia.
  2. Buah lemon, jeruk nipis/limau, semangka, anggur, mangga, dan pepaya.
  3. Sayur asparagus, bawang merah/putih/bombay, peterseli, bayam, dan brokoli.
  4. Kacang almond.
  5. Minyak zaitun yang asli.
  6. ASI (air susu ibu untuk bayi).
  7. Minuman teh herbal dan air lemon.
Read More

Makanan Diet Sehat Berdasarkan Metabolisme Golongan Darah

makanan sehat untuk diet
Penggolongan darah dibedakan atas perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Pada masing-masing golongan darah, terdapat zat kimia khusus (antigen) yang membentuk antibodi untuk membentengi tubuh dari segala macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Keseimbangan daya tahan tubuh dapat dipengaruhi oleh tiap jenis makanan yang kita makan dan dapat mempengaruhi komposisi darah yang mengandung 2 komponen penting yaitu antigen dan antibodi.

Menurut Dr. Peter J. D'Adamo, makanan yang kita konsumsi akan ber-reaksi kimia dengan antigen golongan darah. Karena protein yang terkandung dalam makanan juga memiliki antigen. Antigen pada makanan akan dianggap sebagai antigen asing oleh antigen darah. Antigen dalam darah akan menolak dengan membentuk suatu sistem kekebalan tubuh (antibodi) jika antigen asing tersebut berlawanan.

Dengan perkataan lain, jika pada makanan yang kita makan ditemukan lektin (sejenis protein) pada transport darah merah, maka antigen golongan darah menandainya sebagai benda asing dan menyebabkan sel darah menggumpal bersama-sama sehingga menyebabkan masalah pada sistem pencernaan dan metabolisme makanan yang mempengarui produksi insulin dan gangguan hormon. Hal inilah yang menyebabkan kenapa tiap golongan darah perlu memiliki penggolongan makanan.

Reaksi antibodi bisa saja dapat mempengaruhi kesehatan. Contoh-nya mengganggu pencernaan, menimbulkan peradangan, mengganggu keseimbangan tubuh, dan melemahkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, disarankan mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan golongan darah untuk menghindari makanan yang memicu reaksi antibodi dan antigen. Namun ini hanya sebuah pilihan, terutama bagi yang sedang melakukan diet.

Sedikit gambaran menurut jenis makanan sehat yang sesuai dengan kondisi pencernaan/metabolisme tubuh berdasarkan golongan darah A, B, AB, dan O adalah sebagai berikut: Golongan darah A disarankan untuk mengkonsumsi makanan karbohidrat, pantangan-nya adalah daging, cocok menjadi vegetarian. Untuk golongan darah B tidak ada larangan mengkonsumsi makanan apa saja kecuali jenis unggas. Golongan darah AB cukup menghindari daging merah dan unggas. Sedangkan golongan darah O justru disarankan untuk banyak mengkonsumsi daging merah dan daging putih karena membutuhkan asupan protein yang lebih banyak sebagai sumber nutrisi utama.


Menurut Health Care Ministry International, orang dengan golongan darah A memiliki sistem pencernaan sensitif, kadar asam lambung rendah tapi menghasilkan lendir tinggi (terlalu banyak konsumsi gandum, sereal dan jagung), rentan infeksi (contoh-nya asma), penyakit kardiovaskular, kanker, dan diabetes. Sementara, orang dengan golongan darah A umumnya cerdas namun suka emosional, romantis tapi suasana hati sering berubah-ubah. Mereka biasanya memiliki tubuh yang ramping, jika terjadi obesitas berarti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna oleh tubuh golongan darah A.

Menurut So Feminine, untuk mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan bahkan kesuburan (fertilitas), pemilik golongan darah A dapat menghindari konsumsi makanan dibawah ini:
  1. Makanan utama yang perlu dihindari adalah daging merah sapi, kambing, domba, kerbau, kuda, bebek, angsa, kelinci, anjing, dan babi karena makanan tersebut sulit ditoleran oleh tubuh golongan A. Makanan yang diperbolehkan yaitu daging ayam, burung dara, dan kalkun karena bersifat netral namun jangan berlebihan. Karena metabolisme golongan darah A kesulitan mencerna protein hewani sehingga akan diubah dan disimpan dalam bentuk lemak yang tidak bagus untuk lingkungan dalam tubuh.
  2. Seafood (cumi-cumi, kepiting, kerang, lobster, kodok, gurita, lobster, udang, dan belut) harus dihindari kecuali jenis ikan contoh-nya ikan mas, kerapu, kakap, salmon, sarden, cod, dan mackerel karena mengandung lemak sehat yang bermanfaat untuk nutrisi jaringan otak teruma untuk anak dalam usia/masa pertumbuhan.
  3. Hindari fastfood, susu sapi murni, susu sapi bubuk, es cream, mentega dan keju yang terbuat  dari olahan bahan hewani. Lebih baik jika mengkonsumsi bayam, kedelai, biji-bijian, polong-polongan, dan kacang-kacangan (pengganti protein daging merah), susu kambing, air dingin, keju mozzarella, dan yogurt organik. Golongan darah A umumnya kesulitan mencerna produk susu hewani dan makanan olahan hewani  dalam metabolisme lemak mereka yang berasal dari protein hewani.
  4. Bagi usia di atas 35 tahun, batasi konsumsi makanan yang mengandung santan kelapa dan segala jenis telur (telur ayam, telur puyuh, telur bebek, dll) karena santan dan kuning telur mengandung kolesterol non-essensial. Kurangi konsumsi buah tomat dan kubis karena menghasilkan lektin yang dapat mengganggu saluran pencernaan orang golongan darah A.
  5. Khusus bagi yang mengikuti program diet untuk golongan darah A, hindari jeruk, pepaya, pisang raja, kentang, ubi, terong, jamur, kubis, dan tomat. Hindari softdrink dan stres berat dengan minum teh hijau. Olah raga ringan yang cukup dan teratur selama 15-20 menit sehari agar tidak menyebabkan gagal diet yup!
  6. Darah juga berfungsi mengatur keseimbangan asam dan basa. Untuk meningkatkan kesuburan, ibu yang ber-golongan darah A dan ingin mendapatkan anak terutama anak laki-laki dapat mengkonsumsi makanan yang dapat mengubah kondisi asam menjadi basa jauh sebelum sistem kalender diterapkan (berhubungan intim 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya plus minus 1 hari). Contoh-nya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung sodium/natrium/potassium/kalium namun makanan tersebut bukan pantangan bagi ibu pemilik golongan darah A.   

Bagi semua jenis golongan darah, agar terhindar dari berbagai penyakit akut dan kronis perlu untuk menghindari segala jenis jeroan hewani (hati, usus, dll) dan cabe sejak usia muda yup! Biasakan untuk mengkonsumsi bayam/wortel/daun pepaya (sumber beta-karoten), blueberry (sumber vitamin E), jambu biji/lemon (sumber vitamin C), anggur/chlorophyl (mengandung basa tinggi), dan temulawak/kunyit (berfungsi sebagai detox metabolisme tubuh). Makanan yang tidak sehat bersifat racun bagi metabolisme tubuh sedangkan makanan yang sehat bermanfaat sebagai obat.


Referensi diolah dari berbagai sumber artikel kesehatan dan penelitian. Jika ada informasi yang kurang benar silahkan di update. Semoga membantu.
Read More

Penting Diketahui Keluarga Sebelum Ibu Hamil

ibu hamil

Misalkan ayah sudah punya nama bayi tapi istri belum juga hamil mungkin banyak orang yang begitu. Dibalik hal tersebut, merencanakan kehamilan merupakan suatu hal yang jarang dilakukan oleh keluarga.

Pengertian-nya, memeriksakan kesehatan sebelum hamil muda adalah yang paling penting, siapa tahu kita ada TORCH yup! Bagaimanapun, cara agar cepat hamil yaitu dengan memperhatikan asupan yang bergizi dan sehat. Senam dan posisi seks yang tak biasa, biasanya digunakan bagi pasangan yang letak rahim-nya tidak normal atau kena penyakit yang mengganggu masuknya sel sperma.

Untuk mendapatkan anak laki-laki, perempuan, atau kembar, selain karena pengaruh genetic juga dipengaruhi oleh seberapa besar zat makanan yang dikonsumsi mempengaruhi hormon reproduksi. Terdapat beberapa vitamin yang perlu diketahui agar bayi yang dikandung tumbuh sehat. Selain itu, ada ciri-ciri dan tanda-tanda janin jika kekurangan gizi tertentu:  

  1. Asam folat adalah vitamin B9 yang dapat mencegah bayi cacat saraf atau kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang serta untuk regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Sebelum dan selama hamil, kebutuhan asam folat 400-800 mcg/hari. Vitamin B9 ini tidak disimpan dalam tubuh jadi cara mendapatkan adalah dengan konsomsi makanan yang mengandung asam folat. Sumber makanan alami yang mengandung asam folat paling tinggi antara lain biji bunga matahari (kuaci), kacang-kacangan (buncis dan kacang merah), papaya, gandum, bayam, alpukat, kubis/kol, brokoli, jeruk, kentang, dan pisang. Tidak susah mendapatkannya bukan? Oleh karena itu, akan lebih baik jika ibu tertib dan disiplin makan makanan yang mengandung asam folat jauh sebelum hamil.
  2. Kalsium dan vitamin D diperlukan untuk membentuk tulang dan gigi bayi, menjaga sistem otot, saraf, dan peredaran darah. Kekurangan vitamin D menyebabkan kekebalan tubuh lemah, pertumbuhan rambut, tulang, dan gigi bayi terganggu. Oleh karena itu, vitamin D dapat membantu mengurangi resiko sclerosis pada bayi. Kebutuhan kalsium ibu hamil adalah 1000-1300 mg/hari sedangkan vitamin D 600 IU/hari. Bahan yang paling banyak mengandung kalsium yaitu susu, buah ara, kubis, brokoli, dan almond. Sedangkan sumber vitamin D adalah minyak ikan kod, ikan tuna, sarden, dan salmon, telur, tahu dan tempe, susu kedelai, jamur, udang dan tiram. Alangkan lebih bagus jika setiap hari meluangkan waktu setiap pagi berolah raga sambil berjemur di bawah sinar matahari sebelum jam 8 pagi karena secara alami vitamin D diproduksi oleh tubuh ketika kulit terpapar sinar matahari.
  3. Agar bayi tumbuh sehat, bahan makanan yang mengandung protein tinggi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Protein mengandung asam amino esensial untuk membentuk struktur kulit, rambut, otot, organ, dan kelenjar pada bayi. Kebutuhan protein adalah 71 g/hari. Sumber protein antara lain daging sapi, daging ayam, ikan salmon dan tuna (lemak sehat omega 3), putih telur, serta tahu dan tempe. Selain itu hindari bahaya makan makanan yang berlemak terutama gajih sapi, kambing, kulit ayam, dan kuning telur. Konsumsi protein secukupnya karena jika berlebihan protein akan diubah dan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Selain itu mengolah atau menggoreng makanan dengan minyak zaitun adalah pilihan terbaik.
  4. Selama hamil, volume darah meningkat karena adanya perubahan dalam tubuh ibu. Biasanya ibu akan cenderung mudah lelah dan rentan infeksi seperti gejala kurang darah. Untuk mengatasi hal tersebut perlu asupan zat besi 27 mg/hari. Zat besi membentuk hemoglobin sel darah merah yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Sumber zat besi yaitu daging sapi, kuning telur, ikan baronang dan sarden, bayam, kangkung, daun singkong, kacang polong dan kedelai, kismis dan plum. Contoh jeroan seperti hati dan ampela sebenarnya juga mengandung zat besi tapi lebih baik dihindari saja. Setelah makan makanan yang mengandung zat besi tinggi sebaiknya konsumsi makanan yang banyak vitamin C dan hindari makanan yang ber-kalsium. Karena vitamin C membantu penyerapan zat besi lebih optimal sedangkan kalsium justru dapat menghambat penyeparan zat besi. Oleh karena itu, beri jeda/jarak waktu antara makan/minum vitamin C dan minum susu kalsium. Buah yang banyak mengandung vitamin C paling tinggi urutan-nya yaitu jambu biji, kiwi, pepaya, kelengkeng, stroberi, nanas, jeruk, melon, anggur, markisa, mangga, tomat, apel, dan pear.

Tulisan tentang makanan dan vitamin untuk ibu hamil ini sebenarnya dipersiapkan untuk rencana kehamilan istri. Namun agar tidak lupa, tulisan yang dirangkum dari berbagai makalah kesehatan dan kedokteran tersebut ditulis dalam bentuk artikel.

Read More

Ideal, Harga BBM Subsidi Naik Jadi Rp 10.000

BBM subsidi naik harga
Atas desakan berbagai pihak yang peduli terhadap penghematan anggaran negara yang sering dikorupsi, berita tentang pemerintah akan menaikkan harga BBM ber-subsidi semakin mendekati kenyataan. Menurut beberapa pengamat, agar anggaran negara bisa lebih hemat dan manfaat, aturan memang harus dengan menaikkan harga BBM subsidi. Walaupun nanti akan dituding sebagai penyebab inflasi di Indonesia ya? Makanya, agar uang tidak tergerus inflasi, belajar investasi itu jalan terbaik.

Ada pihak mengusulkan BBM bensin premium naik dari Rp 6500 menjadi Rp 8000 per liter sementara harga solar tidak naik. Harga solar tetap Rp 5500/L tapi kok tanggung yup! Benar memperhatikan biaya operasional kendaraan muatan barang dan  angkutan umum jenis solar, tapi mobil pribadi yang berbahan bakar solar yang dijual akan semakin banyak jumlahnya dipakai di jalan raya dan jika kena macet bisa-bisa polusi akan terus meningkat!

BBM subsidi naik harga
Dengan melihat banyaknya masyarakat yang membeli mobil kelas menengah seperti Avanza, Xenia, Livina, Ertiga, Spin, dan Mobilio dapat dikatakan bahwa taraf hidup mereka semakin baik. Contohnya, mereka berani beli mobil baru yang berarti pendapatan mereka sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan ada sisa penghasilan untuk membeli  mobil dengan cash/kredit. Artinya mereka juga sudah siap dengan biaya operasional kendaraan salah satunya adalah membeli sparepart dan konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Oleh karena itu, bagaimana jika subsidi BBM dicabut oleh pemerintah? Harga bensin premium menjadi Rp 10000, solar Rp 8000, pertamax Rp 11000, dan pertamax plus Rp 12500. Idealkah? Sementara, memberikan kompensasi kepada petani dan nelayan cukup sulit dilaksanakan karena mungkin tidak punya data valid tentang siapa yang benar-benar berprofesi sebagai petani dan siapa-siapa yang benar-benar seorang nelayan.

Sementara, kebijakan pembatasan pemakaian BBM subsidi bukanlah opsi yang tepat karena mengurangi sebesar-besarnya hak rakyat dalam aktifitas sehari-hari. Yang perlu dibatasi adalah jumlah penggunaan kendaraan pribadi yang boros minum BBM ber-subsidi padahal hanya dikendarai 1 orang; mungkin karena takut hitam kena matahari, takut kepanasan kalau naik angkot atau pakai motor ya?!

BBM subsidi naik harga
Sementara, jumlah produksi kendaraan yang dibuat oleh perusahaan produsen mobil/motor tidak perlu dibatasi karena itu hak mereka mencari profit. Yang perlu dibatasi adalah keluarnya varian/tipe dari mobil /motor yang se-jenis. Tak usahlah mobil dengan model dan CC sama lalu dikeluarkan tipe terendah sampai tertinggi/termewah seperti Avanza tipe S, tipe G, veloz, TRD Sportivo. Cukup produksi  Avanza mesin 1300 cc atau 1500 cc dengan pilihan transmisi manual dan auto-matic misalnya.

Hal diatas tujuannya memang untuk mengurangi pilihan membeli mobil, karena disini bermaksud mendidik agar kenginan membeli memang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga, bukan untuk hasrat dan fashion dengan hambur-hambur BBM subsidi walaupun mereka sangat-sangat mampu membelinya.
Read More

Tes Irit Tiger Revo Standar Top Sped 140 km/jam

Met sore kakak brother! Ane mau numpang share tentang pengalaman pake Honda Tiger Revo 2010 punya sendiri. Awalnya sih pengen buat Club Tiger sendiri diberi nama Tiger Race Cooker karena kita-kita sering-sering kongkow-kongkow bareng-bareng cowok-cewek di warung kopi angkringan Sego Macan di Jogja dekat kampus UGM. Tapi batal karena yang bawa Tiger cuman 2 orang, kan lucu kalau touring cuman berdua, ntar di kira pacaran, homoan lagi! !@#$%^&*()_+ kpj kph hwhwhw.

Ceritanya pengen si Timi tampil lebih irit karena sering dinas ke luar kota kaya bus AKAP - antar kota antar provinsi. Walaupun ane tak punya data valid konsumsi BBM, tapi ane merasa kok boros ya kalau di pake ke luar kota. Paling irit kurang lebih 42 km/liter (kecepatan konstan 60 km/jam, tapi nyampainya lamo! Pegel-pegel brother!). So, gak cucok sama kantong ane yang berprofesi sebagai pengacara alias pengangguran banyak teraniaya. Di dalam kota ane biasa pake bensin premium, ke luar kota pake pertamax plus (ron 95); gak pernah pake pertamax ron 92, nanggung!

Mesin masih standar, walaupun gas mentok di speed 120 km/jam tapi Ninja yang lagi parkir dan orang yang jalan kaki di trotoar tetep ane salip brother! Wuusshrrr..bukan suara angin tapi suara gear-nya brother, hwhwhw. Tapi sebagai penganut paham ekstrim orang bengkel Indonesia lambang palu dan obeng, ane tetep pengen konsumsi BBM lebih irit lagi, bisa nggak eyaa?!

foto ronsen motor honda tiger revo 2010
Hasil foto ronsen Tiger ane dari dokter mesin bubut brother!
Sekedar iseng, ane beli CDI unlimiter aftermarket merk BRT jenis Powermax Hyperband AC, belinya bukan di matahari ya brother, panas! Katanya si empunya BRT bisa meningkatkan perfoma mesin sekaligus meng-hemat BBM sampai dengan 29%. Sekalian aja ane pasang busi iridium power produknya Denso dan 9 power produknya siapa ane lupa maksudnya buat ngimbangi CDI yang sudah unlimiter.

Ketika di test ride, uji coba ke luar kota kurang lebih 320 km, ane gak merasakan perfoma yang meningkat tuh! Atau berhubung ane gak tahu mesin yup? Tahunya cuman jajan pas bel istirahat sekolah, tapi itu dulu, sekarang masih tetep kok, tenang aja brother, rilex, hwhwhw. Namun tarikan gigi 2 nendang kok, lebih cepat larinya dari standard, ngeloyor gak karuan. Tapi tarikan gas nendang pas kondisi mesin masih dingin, pas mesin panas biasa aja tarikannya. Aneh?! Apa perlu servis lagi ya?! 

Dari touring alone seorang diri itu, ane mampir ke tempat teman di Temanggung buat makan dan tidur 2 malam lamanya. Dan kebetulan dia pinjam moto Timi ane buat cari tembakau katanya ke perbatasan Wonosobo. Agen tembakau mungkin sambilannya tapi yang ane tahu dia spesialis drag bike yang sering ikut balapan liar sampai dengan kejurda - kejuaraan daerah tingkat provinsi.

Pulang-pulang dari wonosobo dia bilang tumben motor Tiger bisa irit, yang di libas jalanan aspal halus mulus maknyus naik turun gunung Temanggung - Wonosobo. Jarum indikator bensin di spidometer tetap tak bergeming alias gak berkurang BBM-nya. Dia heran, apalagi ane ya! Apa indikatornya ngaco? Ane cek gak tuh, normal semuanya. Puas rasanya karena Timi ane secara gak sengaja udah di tes sama ahlinya. Tapi sayangnya dia gak hitung per 1 liternya berapa kilohektar, soalnya di otaknya hanya ada slogan naikkan harga tembakau brother!

Bosan dengan penampilan Timi, ane ganti ban standar pelek 18 dengan ban besar gambot omot-omot. Yah, malah susah beloknya tuh mintanya lurus terus kaya celeng si babi hutan, apalagi bodi ane kecil jadi gak kuat pegang stang setirnya. Paling parah kalau masuk gang yang penuh sopan santun "ngebut benjut!", phiuuh.. ampun dah terasa berat! Mending ane digebukin anak kecil umur 2 tahun deh!

foto honda tiger revo 2010
Foto Tiger ane tampak malu-malu masuk koran kriminal brother!
Ya sudah akhirnya ane ganti ban yang paling kecil dan tipis untuk velg ring 18. Ban depan pake ukuran 90/70 merk sandal jepit Swallow sedang ban belakang pake 100/70 merek FDR genzi, belinya di Pugeran Variasi Motor Jogja, kalau gak percaya ane masih punya fotocopy bonnya kok brother! Mungkin karena bobot Timi yang berat, pemakaian ban kecil dan tipis bikin ane seperti mau jatuh-jatuh aja seperti gak seimbang begitu. Tapi ya sudahlah, udah terlanjur dibeli sih.

Horeee... jadwal servis telah tiba. Kalau servis biasa di Ahass tapi kalau ganti oli biasanya ane diluar pake Shell Advance VSX 4T oil 10W-40 sintetis API SL JASO MA. Berhubung waktu itu udah lelah gak punya duit, ane bilang ke tukang servisnya untuk ganti oli mesin sekalian di Ahaas itu.

Keesokan harinya ane tes ride di jalan bebas jembatan tepatnya di ringroad utara Jogja. Ane sempat gak percaya, biasanya top speed mentok di 120 km/jam tapi ini bisa 130 km/jam. Enteng banget meraih 130 km/jam tapi sedikit getar. Atau karena pake oli AHM Oil SPX-1 SAE 10W-30 API SJ JASO MA fully synthetic atau karena pake ban kecil ya? Oli encer bikin suara mesin terdengar keras tapi ketutup sama suara knalpot racing Yoshimura ane brother.

Nah ini lagi, waktu mau ganti gear set Honda Tiger ternyata yang asli / original-nya harga-nya sampai 850 ribu rupiah. Set dah mending beli HP BlueBerry bekas Madonna yah. Akhirnya ane iseng coba beli gir set Megapro Rp 250 ribu tapi nambah panjang rantainya. Setelah dicoba, penyakit rantai berisik hilang dan motor jadi lebih enteng lagi, tarikan agak lebih panjang. Tarikan di awal gigi satu emang agak berat tapi pas masuk gigi 5 ke 6 top speed tambah lagi jadi 138 km/jam, yaa sama teman sendiri jadi 140 km/jam lah ya hwhwhw, kabuuur! Tapi masalah-nya, rantai jadi sering cepat kendor, padahal udah pake pelumas rantai racing, gak pernah pake oli bekas brother!

Itulah sedikit perubahan di Tiger timi ane selama hampir 5 tahun ini brother. Hanya modifikasi kecil di pengapian, gear set, ban, oli, dan knalpot, mesin tetap standar. Beda sama motor Tiger ane yang dulu keluaran 2002 yang tangkinya baru jebol 8 tahun kemudian. Kalau timi 2002 sampai korek mesin segala jadi borosnya Audzubillahiminassyaiton brother!

Oiya, ane denger-denger Tiger sudah stop di produksi nanti gantinya apa ya? Untuk saat ini ane respect sama Kawasaki Z250SL yang katanya; di klan Kawasaki sendiri powernya paling besar dikelas 250 cc, lebih ringan, dan paling murah. Katanya sih buat city riding berarti enak buat stop and go and gas pol rem pol di jalanan macet ya?! Satu lagi, apakah juga punya gejala shockbreaker gampang bocor, oli shock rembes, spido digital sering mati seperti kakaknya? Kalau begitu nunggu Honda CB250F dirilis di Indonesia ah!

foto honda tiger revo 2010
Tampang kucing ane yang biasa mangkal di Sego Macan brother!
Tapi Timi kecil ane gak akan dijual soalnya sudah banyak menelan korban. Sudah banyak mboncengin gadis-gadis desa brother! And banyak cewek-cewek cakep gacoan ane, terutama yang Palembang itu, yang bilang kalau Timi ane keren, tapi yang punya gak keren bingits! Pujian yang sangat menyanjung sakali brother, tapi langsung menghempaskan ke bumi!

Tapi biarkan saja si Timi nanti jadi sejarah bangsa harimau yang punya 2 mata lampu di headlamp depan. And siapa tahu ntar harga jualnya malah melampui harga belinya yang sekarang. Contohnya seperti CB 100 K2 super sport tahun 1972 ane, warna biru yang tutup tangki bensinnya di sebelah pojok kanan depan. Dulu moyang ane beli baru beberapa ratus ribu rupiah begitu, ane jual kemarin 2,4 juta, kan enak di ane gak enak di moyang ane brother! Hwhwhw.

OKE, sekian dan terima kasih atas tumpangannya menulis di blog ini brother! Salam timi time and shaun the sheep!

Sumber: pengalaman pribadi.

sego macan jogja
Sego Macan tempat tongkrong di Jogja
Read More

Harga, Spesifikasi, Modifikasi New Nissan Grand Livina

all new nissan grand livina hws

Membeli sebuah mobil bagi keluarga kecil tentunya juga harus mempertimbangkan kekuatan keuangan keluarga dan seberapa besar kebutuhan keluarga akan sebuah mobil. Perlu kiranya untuk melakukan perbandingan spesifikasi dengan harga yang sama antara mobil yang satu dengan yang lain agar tak salah memilih, misalnya sharing dengan user di Kaskus. Bagi yang menginginkannya, All New Nissan Grand Livina bisa menjadi pilihan karena termasuk mobil idaman keluarga di Indonesia.


Dengan segala fitur kemewahan, kelebihan, kekurangan, dan perbandingan harga, berikut ini adalah spesifikasi All New Nissan Grand Livina dan All New Nissan Grand Livina X Gear berdasarkan tampilan eksterior, interior, mesin, dan fitur keamanan/standar keselamatan Nissan Grand Livina model terbaru.


Detail dalam angka:

spesifikasi dimensi all new nissan grand livina
Spesifikasi Dimensi All New Nissan Grand Livina

spesifikasi mesin all new nissan grand livina
Spesifikasi Mesin All New Nissan Grand Livina

spesifikasi eksterior all new nissan grand livina
Spesifikasi Eksterior All New Nissan Grand Livina

Spesifikasi Interior All New Nissan Grand Livina
Spesifikasi Interior All New Nissan Grand Livina

Daftar harga mobil terbaru All New Grand Livina 2014 yang dirilis oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) on the road Jakarta (diluar pajak progresif).

  • All-New Grand Livina 1.5 SV M/T (manual) Rp 183.950.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 SV CVT (automatic) Rp 195.100.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 XV M/T Rp 203.950.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 XV CVT Rp 215.200.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 HWS CVT Rp 228.200.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 HWS Autech CVT Rp 242.400.000.
  • All New Livina X-Gear  1.5 MT Manual Rp 199.950.000.
  • All New Livina X-Gear  1.5 CVT Automatic Rp 211.050.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 X-Gear M/T Rp 216.100.000.
  • All-New Grand Livina 1.5 X-Gear A/T (automatic) Rp 230.000.000.
  • All New Grand Livina 1.8 L X-Gear M/T Rp 263,200,000.
  • All New Grand Livina 1.8 L X-Gear A/T Rp 274,700,000.

Informasi promo harga kredit cicilan diskon cashback silahkan menghubungi dealer resmi Nissan dikota Anda. Harga mobil di luar Jakarta bisa selisih 6-7 juta yup! Harga mobil bekas Nissan Livina sekarang di bawah Rp. 150.000.000 tergantung tahun keluaran/pembuatan.


Detail dalam gambar:

All New Nissan Grand Livina
All New Nissan Grand Livina

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
3 Baris atau 7 Seater

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
Fitur Keselamatan 2 Airbag

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
LCD TV DVD Monitor

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
Sensor Parkir

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
Kamera Video Parkir

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
Fitur ABS

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
Fitur EBD

Spesifikasi All New Nissan Grand Livina
Fitur Bluetooth

All New Nissan Grand Livina X Gear
All New Nissan Grand Livina X Gear

All New Nissan Grand Livina X Gear
All New Nissan Grand Livina X Gear

All New Nissan Grand Livina X Gear
Bagasi All New Nissan Grand Livina X Gear
Khusus untuk Nissan New Livina X-Gear, perbedaan Livina X-Gear dan Grand Livina X-Gear terutama pada panjang dimensi mobil serta jumlah baris tempat duduknya. Mobil Grand Livina X-Gear memiliki 3 baris atau 7 seater, sedangkan Livina X-Gear memiliki 2 baris atau 5 seater.

Kesimpulan kami:

Terlepas dari review perfoma / kekuatan mesin melibas tanjakan dan masalah AC Calsonic-nya, para user, rekan-rekan, dan family kami menyatakan  bahwa sangat nyaman mengendarai Nissan Livina terutama di jalan yang rusak dan berlobang, anak-anak tetap tidur pulas. Sementara, kawan yang doyan ngebut di tol, mengaku kurang puas dengan kaki-kaki karena terlalu empuk sehingga suka limbung dan handling kurang mantap. Terlebih lagi jika pemakaian lebih dari 1 tahun dan suka mengangkut penumpang over load dari 5 orang ditambah tambahan audio yang super berat, bodi belakang cenderung turun dan bagian depan dongak.


Mengatasi hal ini modikasi kecil dapat dilakukan dengan mengganti shockbreaker belakang dengan merk shock absorber semi/gas aftermarket. Untuk kaki depan cukup ganti per dan pake per/pegas aftermarket yup! Pengalaman pake produk aftermarket yang terbaik, kenyamanan dan keselamatan keluarga akan tetap terjamin.


Sumber: Nissan Indonesia, Kaskus.
Read More